Jumat, 01 Juni 2018

GSM Modem vs IP SMS Connection: Mana Yang Lebih Baik Mengirim SMS dari PC?

cara transfer pulsa 3
GSM Modem vs IP SMS Connection: Mana Yang Lebih Baik Mengirim SMS dari PC?

Artikel ini dimaksudkan untuk menjadi ringkasan singkat tentang bagaimana Anda dapat menghubungkan sistem TI Anda ke jaringan seluler untuk mengirim SMS, dan Anda dapat mempelajari jenis koneksi mana yang terbaik untuk tujuan ini. Ini akan membahas koneksi SMS berbasis Internet dan modem GSM / telepon GSM berbasis koneksi (nirkabel). Informasi yang disertakan membantu Anda merancang sistem SMS yang efisien dan bekerja dengan baik.

Ketika Anda ingin mulai mengatur sistem SMS di lingkungan TI Anda, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah volume pesan SMS yang ingin Anda kirim dan terima dalam sistem. Berdasarkan informasi ini, Anda dapat memilih jenis koneksi yang paling sesuai. Jika Anda berencana untuk mengirim / menerima kurang dari 15 000 SMS per hari, Anda dapat memilih konektivitas modem GSM. Untuk mencapai lalu lintas SMS yang lebih tinggi, disarankan koneksi SMS berbasis Internet. Anda juga perlu menggunakan perangkat lunak gateway SMS (misalnya, Ozeki NG SMS Gateway) yang akan mengatur semua lalu lintas pesan SMS keluar dan masuk Anda.

Mengirim SMS dengan modem GSM / telepon GSM

Untuk menghubungkan sistem SMS ke jaringan seluler secara nirkabel, Anda memerlukan modem GSM atau telepon GSM. Perangkat GSM ini akan dilampirkan ke PC dengan kabel data. Gateway SMS akan mengoperasikan telepon ini dan mengirim / menerima pesan SMS secara nirkabel. Keuntungan terbesar dari solusi ini adalah tidak diperlukannya koneksi Internet sehingga dapat diatur dengan mudah dan segera.

Komponen koneksi modem GSM:
- Kartu SIM - Anda dapat memperoleh kartu SIM dari penyedia layanan seluler yang dipilih, itu akan datang dengan rencana SMS yang menentukan biaya SMS. Kartu SIM harus ditempatkan ke dalam perangkat GSM dan ia akan menyediakan nomor telepon untuk pesan SMS dari PC.
- Modem GSM - Dianjurkan untuk menggunakan modem standar seperti seri Sierra Wireless.
- Kabel data - Dilengkapi dengan modem.
- Komputer - Direkomendasikan: Intel P4 3Ghz, RAM 2GB, HDD 500MB, OS Windows.
- Gateway SMS - seperti Ozeki NG SMS Gateway

Modem GSM vs telepon GSM

Seperti yang disebutkan dalam daftar, disarankan untuk memilih modem GSM standar daripada telepon GSM. Modem GSM jauh lebih andal daripada telepon. Telepon GSM beroperasi dengan baterai yang dapat gagal, dan mereka tidak dapat melayani lalu lintas SMS berkelanjutan untuk waktu yang lama. Selanjutnya, handset standar dapat digunakan untuk mengirim pesan; namun, ada peluang baik bahwa perangkat lunak klien SMS mereka akan "memakan" laporan pengiriman masuk dan pesan SMS dan MMS yang masuk, dan pesan-pesan ini tidak akan pernah sampai ke PC melalui kabel data. Berbeda dengan ini, modem GSM memastikan komunikasi tanpa batas untuk jangka panjang. Mereka juga memiliki antena eksternal yang memberikan kekuatan sinyal yang lebih baik dan catu daya eksternal yang tidak mungkin gagal. Telepon GSM ideal untuk tujuan pengujian.

Keuntungan menggunakan modem GSM / koneksi telepon GSM melalui koneksi Internet:
1. Tidak memerlukan koneksi Internet (tidak ada Internet padam, dll.)
2. Koneksi modem GSM hemat biaya (Anda dapat menemukan paket SMS dengan biaya rendah atau nol untuk lalu lintas SMS)
3. Dapat diatur dalam waktu yang sangat singkat. Anda dapat segera mulai dengan mengunduh perangkat lunak gateway SMS dan melampirkan telepon GSM ke PC.

Kekurangan menggunakan modem GSM / koneksi telepon GSM:
1. Kekurangan koneksi modem GSM berasal dari kapasitasnya. Dapat melayani hingga 12.000 - 15.000 pesan SMS setiap hari. Anda dapat meningkatkan nomor ini dengan menghubungkan lebih dari satu modem GSM.
2. Mengirim SMS melalui koneksi GSM juga dapat gagal karena kelebihan beban jaringan GSM. Ini cukup langka tetapi dapat terjadi misalnya, pada Malam Tahun Baru ketika lalu lintas SMS mencapai tingkat kritis.
3. Langganan ponsel di kartu SIM mungkin kehabisan uang. Jika Anda menggunakan kartu SIM prabayar, Anda tidak akan dapat mengirim pesan SMS sampai Anda menambah saldo.
4. Koneksi modem GSM hanya memungkinkan untuk menggunakan alamat pengirim yang diperbaiki. Ini berarti Anda tidak dapat mengubah ID pengirim jika ada pesan keluar, misalnya, ke nama perusahaan Anda, dll., Tetapi nomor telepon kartu SIM Anda akan menjadi alamat pengirim pesan Anda.

Mengirim SMS melalui Internet (IP SMS)

Kita dapat memanggil koneksi SMS berbasis Internet sebagai koneksi IP SMS, juga. Misalnya, Ozeki NG SMS Gateway menggunakan tautan TCP / IP untuk terhubung langsung ke Pusat Layanan Pesan Singkat (SMSC) dari jaringan seluler atau penyedia layanan SMS. Untuk terhubung ke SMSC dari penyedia layanan, Anda perlu menandatangani kontrak dengan penyedia. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan semua informasi untuk mendapatkan akses ke layanan mereka.
Harap perhatikan bahwa Anda harus memilih operator atau penyedia yang mendukung protokol SMS resmi (SMPP, UCP, CIMD2). Protokol IP SMS yang paling populer adalah SMPP.

Keuntungan menggunakan koneksi SMS IP:
1. Ini memungkinkan untuk mencapai kecepatan sangat tinggi. Koneksi SMS internet dapat melayani hingga 500 pesan SMS per detik.
2. Tidak diperlukan perangkat fisik.
3. Masalah dengan sambungan nirkabel, seperti kekuatan sinyal GSM yang rendah tidak akan mempengaruhi sistem Anda
4. Penetapan alamat pengirim yang fleksibel dimungkinkan. Ketika Anda mengirim pesan SMS Anda dapat dengan bebas menentukan nomor telepon pengirim.

Kekurangan koneksi SMS IP:
1. Kadang-kadang, itu memakan waktu untuk menandatangani kontrak dengan penyedia besar untuk mendapatkan informasi akses.
2. Ini bisa mahal, terutama jika ada biaya bulanan di penyedia yang dipilih.
3. Diperlukan lebih banyak waktu untuk setup daripada koneksi modem GSM. Seringkali firewall perlu dibuka dan parameter perlu dinegosiasikan dengan penyedia layanan SMS.

Jika bisnis Anda hanya memerlukan sedikit lalu lintas SMS di awal, tetapi kemudian volume ini perlu ditingkatkan, Anda dapat melakukan hal berikut: pertama, Anda dapat mengonfigurasi koneksi modem GSM di gerbang SMS Anda. Kemudian, jika diperlukan, Anda dapat menghubungkan lebih banyak modem GSM ke sistem untuk meningkatkan lalu lintas SMS. Ketika Anda berencana untuk mengirim dan menerima lebih dari 15 000 pesan setiap hari, Anda dapat dengan mudah beralih ke koneksi SMS IP. Harap dicatat bahwa ketika Anda memperkirakan lalu lintas SMS, Anda perlu mempertimbangkan nomor pesan SMS yang keluar dan masuk bersama-sama (lalu lintas SMS = keluar + SMS masuk). Dengan SMS gateway yang fleksibel dan kuat, seperti Ozeki NG SMS Gateway, Anda dapat mengkonfigurasi lebih dari koneksi secara bersamaan untuk membangun sistem SMS yang andal dan hemat biaya.

Mengingat

Apapun kebutuhan Anda, perlu meluangkan waktu untuk memilih metode koneksi yang sesuai. Dalam semua kasus, diperlukan gateway SMS yang kuat untuk mengelola koneksi. Jika Anda memasang Gateway Ozeki NG SMS, Anda dapat memeriksa tautan "Tambahkan penyedia layanan" di konsol Manajemen untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Sumber: www.ozekisms.com (Situs web resmi Ozeki NG SMS Gateway)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar